Madrasah Open Source

Sabtu, 16 April 2011


EKSPEDISI
ZAMRUD KHATULISTIWA
Juni 2009-2010

"mengunjungi 80 Pulau,menghasilkan lebi dari 10.000 frame foto dan 70 jam vidio"


Oleh : Siti Qomariah
Kelas: XII MARA



sebuah petualangan hebat perjalanan mulai dari sabang sampai marauke yang dilakoni oleh para jiwa petualang Farid Gaban dan Ahmad Yunus, selain mempunyai jiwa petualang mereka yang dulunya juga seorang wartawan yang bekerja di sebuah majalah, berhasil memperoleh pengalaman dari 80 pulau yang mereka kunjungi , mereka menghasilakan lebih dari 10.000 frame foto dan 70 jam vidio dario perjalanan 1 tahun.

Jakarta , 03 juni 2009
pertama yang mereka kunjungi adalah pulau kecil (pahalawan) sebelumnya mereka berdua ini sudah bertekat menjelajahi indonesia yang dikenal
sangat kaya.

Enggano, 10 juni 2009
kondisi di sini sangat menyedihkan penyu yang segitunya mereka buat gulai yang itu saya tidak tega melihatnya.

Mentawai 02 juni 2009
Mentawai kalau dilihat dari luar kelihatanya utuh, tapi di mentawai ini tumbuhan bakaunya paling rusak.

Nias ,15 juli 2009
Ada bangunan tua yang usianya kurang lebih 300 Tahun yang mau menjelang punah yang di buat dari kayu yang dianyam, sebegitunya hingga sampai sekarang masih berdiri.

Sabang 13 agustus 2009
Paling terkesan waktu dipulau Weh adalah pengalaman, dua orang ini tidur dimana saja seperti dirumah penduduk, masjid kecil dan yang paling unik
lagi” tidur berdua dengan laki laki selama 1 tahun penuh. Pertama malam awal ramadhan, mereka berdua sahur pakai ikan asin.

Malaka 22 Agustus 2009
rombah sangat membahayakan salah satu menyedihkan
Natuna 04 september 2009
Pulau ini sederhana, fasiliatas air bersih yang jarang ada. Pemerintah ini membangun masjid paling mewah yang semua bahan-bahannya di dadatangkan dari jawa termasuk tenaga kerja.

Ketapang 23 nofember 2009
Penduduk ini asli dayak, temapat ini juga terkenal sungai terpanjang di indonesia, kalau sungai itui kering bisa dibuat para anak anak bermain, akan tetapi klo musim penghujan bisa banjir.
Kakaban 18 september 2009
Pulau kecil yang ditengahnya ada danau air asin, pulau yang indah yang banyak jutaan ubur ubur yang unik. Yang itu termasuk dari keajaiban dunia. Disini sempat rusak sepeda motor mereka waktu dikalimantan, dan disana juga ada kerajinan dari bambu dan kain.

Taka Bonerate 03 maret 2010
Terkenal denga nelayan ikanya mereka buat ikan asin dan terkenal denga besi yang mereka buat untuk pedang.

Tobean 26 maret 2010
tidak terkenal tapi bnyak bule dari pada indonesia yang kunjung kepulau ini.

Mlanges 11 april 2010
Penduduk ini jarang sekali makan beras tapi mereka banyak makan talas yang tumbuh di sekitar daerahnya.

Ternate 16 april 2010
Melihat tentang sejarah

Raja empat 20 april 2010

Banda Naira 6 mei 2010
Penderitaan diatas kapal

Merauke 20 mei 2010
Jalanya yang sangat mengenaskan tapi itu tidak akan menghalangi mereka beraktifitas.
Flores 30 mei 2010
Dikota kecil, sejarah bung karno diasingkan ada wisata kedua dari bali kota yang hidup di banding kota wisata lain.

Sidoharjo 03 juni 2010Tujuannya bukan keindahanya tapi melihat realitas Lumpur Lapindo.

Inilah sekilas petualangan Farid Gaban dan Ahmad Yunus, betapa hebatnya mereka bisa mengelilingi Indonesia dalam jangka 1 tahun, padahal itu semua harus menggunakan biaya yang sangat banyak tenaga yang extra, serta pengorbanan yang sangat besar, dan juga mental yang kuat.
Bayangkan saja perjalanan yang sebegitu jauhnya dengan segala rintangan dan kondisi alam yang berbeda -beda dapat dilewati dengan sukses.

Dan sangat hebatnya lagi mereka bisa meluangkan waktunya dengan menulis banyak karya di internet ,yang sangat menarik bagi orang yang membaca justru pembaca belum kenal dengan orang berdua ini ( farid Gaban dan Ahmad Yunus).

Film ini sangat bagus dijadikan untuk semangat bagi kita karna film ini bukanlah rekayasa, atau cuman karangan belaka tapi sebuah kenyataan yang benar-benar dijalani, rasanya kalau hanya membaca dari resensi ini kurang puas lebih baiknya dan lebih serunya lagi bila kamu lihat langsung filmnya dan bisa lihat langsung keadaanya, proses perjalananya dan yang lebuh utama kita bisa lebih mengenal tokoh petualang tersebut.

Selain ingin mendapatkan pengalaman dari farrid gaban dan ahmad yunus juga ingin melihat secara langsung situasi dan kondisi yang terdapat di daerah-daerah yang di kunjungi.

Bagaimana adat istiadatnya, kebiasaan dari orang-oarang yang ada di daerah tersebut, jadi tujuan mereka tidak hanya sekedar jalan-jalan saja.


produksi : watch doc
produser : dhandhy d.laksana, Achmad yunus
photographer : Farrid gaban
peran : Farrid gaban , Achmad yunus
vidio editing : Jagatraya nuryayi
mitio grapic : mikail farras
unit support : Aan gachor
time pendukung : Asep saifullah, Achmad suadi,Nanang saifuddin
Durasi Film : 45 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK MARA (MADRASAH ALIYAH RUHUL AMIN)