Madrasah Open Source

Sabtu, 16 April 2011


Oleh : Siti Runaila
Kelas : XII MARA

EKSPIDISI
ZAMRUD KATULISTIWA
10 juni 2009 – 3juni 2010
"mengunjungi 80 pulau menghasilkan lebih dari 10.000 frame photo dan 70 jam vidio"

Jakarta, 3 Juni 2009
Ahmad Yunus bekerja sebagai wartawan. Lepas kurang lebih 8 Tahun, sempat bekerja sebagai wartawan majalah play boi Indonesia, setelah itu padajurnalis mengunjungi sabangsampai Merauke untukmencari pengalaman/mengetahui keadaan.
Terutama para jurnalispergi ke Lampung 10 Juli 2009. pulau pertamadi kunjungi yaitu lampung, di Kota Agung. Ketempat kilium,tmpat itu wisata perkumpulan Lumba-lumba yang menghadap ke samudra Hindia.

Pulau Enggano, 10 Juni 2009
Pada saat jurnalis pergi ke Enggano kondisinya sangat menyedihkan karena belum di pondasi, kayu-kayu kering dan tambaknya sangat gersang, memang kalau dilihat dari pinggir-pinggir laut pantai tanpak daun-daun/kayu-kayu tanpak lebih segar, akan tetepi dilihat dari tengah-tengah terlihat kering tanpa ada
daunnya.

Mentawai, 2 Juli 2009
Terumbu karang di mentawai sangat rusak, tempat bangunan bangunan yang kuno.bangunan yang terutama dikunjungi, bangunan yang sangat kuno, umur banguna tersebut yaitu 300 tahun, banguan ini terbuat dari kayu.

Pulau Nias, 13 Agustus 2009
Salah satu yangterkenal yaitu kaifing (menyelam) tanpak penginapan para jurnalis yaitu di rumah-rumah penduduk, di mushola kecil, di kapal , dan kadang kala di pinggir jalan. Yang paling mengesankan dari Farid Gaban yaitu malam pertama bulan Romadlon makan sahur di kapal dan lauknya ikan asin, meskipun cuman lauk ikan asin tapi para jurnalis tetap semangat. Dan yang paling menarik dari Ahmad yunus dan Farid Gaban adalah, tidurnya selalu bersama selama 1 tahun.

Rompak 22 agustus 2009
di rompak Ahmad yunus mencoba untuk di siplin akhirnya Ahmad yunus mencoba membuat tulisan-tulisan di kirim ke Aceh/ke internet-internet pendukungnya adalah (Ahmad suwandi).

Ketapang 23 November 2009
di ketapang terutama para jurnalis menolang/mengunjungi hutan yang sedang kebakaran, hutan itu adalah hutan tropis, berada di hutan belantara di kalimantan hutannya sangat indah air nyatampak jernih dan segar .penduduk asli orang kalimantanadalah orang dayak.

Kakaban 18 Desember 2010
kepulauwan ini memiliki danau yang dalamnya itu banyak binatang umbar.

Fakoborati 3 Maret 2010
salah satu pulau ranjuni ini sangat makmur kalau di lihat sekali lintas pengelolahannya yaitu; ikan dan tukang besi.

Tagion 26Maret 2010
hanya berkunjung di sebuah pulau .

Mingas 11 Maret 2010
penduduk-penduduk disini sangat aneh dia tidakmemakan beras/nasi,akan tetapi penduduk nya memakan tawas. Walau pun demikian tampak penduduk sehari-hari saja, setelah itu pergi ke farnate
21 april 2010 dan RAJA AMPATI24 april 2010.
Banda naria 6 mei 2010
yang paling menderita dari jurnalis yaitu di atas kapalkadang kalau mereka makan kadang kala tidak tapi tidak mesti makan karena kalau mau makan itu lauknya sudah basi dan nasinya sudah tidak enak lagi dimakan karena sisanya orang yang dikapal. Maka dari itu para jurnalis memilih lebih baik tidak makan , yang paling sering di makan dalam kesehariannya adalah mie.
Merauke 30 mei 2010
berkunjung ke bung Karno di perbatasan antara indiadan papua nugini.

Flores 30 mei 2010
di flores bertempat tinggaldiperawat beberapa daerah lombok kota yang sangat maju .
Tujuan-tujuan para jurnalis keliling dari sabang sampai merauke bukan rekreasi atau malihat-lihat pemandangan yang indah,akan tetapi untuk menambah pengalaman dan wawasan pengetahuan.
Waktu yang di jangka untukkeliling sabang sampai merauke selama1 tahun terakhir yang dikunjungi yaitu;

Sidoarjo 3 juni 2010
disini para jurnalis merasa puas untuk keliling Indonesia, dari itulah mereka 1 tahun bahwa indonesia adalah sumber daya yang sangat kaya. Mereka juga merasa puas selama 1 tahun untuk keliling daerah-daerah.

Kedua pemain film ini tangguh,pemberani dan tahan fisik karena kedua orang tersebut keliling ke daerah-daerah untuk mengetahui situasi dan menambah pengalaman. Di saat Faridh gofan dan Ahmad yunus pergi ke daerah-daerah pantai, mareka sering sekali kelaparan tapi bagi merekabukanlah suatu rintangan malah di anggap enjoi saja dan oke-oke saja.
Filem ini sangat mengesankan karena lapar dahaga mereka tahankan demi menambah wawasan mereka.
Penokohan :Ahmad Yunus
Farid Gaban
tiem pendukung : Ahmad suwandi
ImranFauzi
Nanang Saifudin
producer: Dandhy laksono,Ahmad yusuf
vidio graphers: Ahmad yusuf, Dandhy laksono
poto grapher: Farid gaban
vidio editor:Jagad raya, Nur yani
mition grapich: Mikail farras
unit support aon gochor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK MARA (MADRASAH ALIYAH RUHUL AMIN)